Atletico Madrid Vs Real Madrid,Duel Antar Team Tetangga Satu Kota


BKSKOR.COM - Atletico Madrid dan Real Madrid akan menjalani duel El Derbi Madrileno edisi ke-165 pada La Liga. Pertarungan kedua klub tidak melulu tentang rivalitas, tetapi jua kawan & tetangga satu kota.

Duel Derbi Madrid edisi perdana dalam isu terkini ini akan berlangsung di markas Atletico, Estadio Wanda Metropolitano, pada laga pekan ke 7 La Liga, Sabtu (28/9/2019) malam WIB.

Bagi Madrilenos--sebutan buat penduduk kota Madrid--pertandingan Los Blancos melawan Los Rojiblancos merupakan laga terbesar dan paling krusial. Padahal, masih ada Getafe & Leganes yang jua berstatus klub Ibu Kota Spanyol di La Liga.

BACA JUGA: Tiga Pemain Real Madrid Harus Tampil Cemerlang Kontra Atletico

Selain itu, pertandingan Real Madrid versus Atletico Madrid menyandang label menjadi partai derbi yg paling acapkali dimainkan pada sejarah sepak bola Spanyol, dan pula kerap dinantikan pencinta sepak bola pada seluruh dunia.

"Kami selalu memiliki tanggung jawab, sebagai pemain & sebagai pelatih. Orang-orang yang bekerja pada sini selalu mempunyai tanggung jawab untuk klub hebat ini," ujar pelatih Madrid, Zinedine Zidane.

"Sekarang aku  mengalaminya sebagai instruktur. Kami tahu apa yang wajib  kami lakukan & kami siap buat pertandingan. Ini adalah laga liga lainnya, menggunakan tiga poin dipertaruhkan," papar legenda Real Madrid itu.

Real Madrid resmi didirikan dalam 6 Maret 1902 oleh para akademisi dan mahasiswa dari Institucion libre de ensenanza. Setahun berselang, tepatnya dalam 26 April 1903, giliran Atletico Madrid yg dibentuk sang pelajar dan mahasiswa dari Basque yang merantau ke Kota Madrid.

Sejak saat itu, kedua klub saling berhadapan dalam laga persahabatan & pertandingan tidak resmi. El Real dan Atletico baru bersua dalam laga resmi buat pertama kalinya pada ajang Campeonato Regional Centro pada 2 Desember 1906. Dalam duel itu, ke 2 klub bermain sama bertenaga 1-1.

Rivalitas kedua klub berlanjut pada level kejuaraan regional & nasional, dan terus berlanjut hingga La Liga resmi didirikan pada animo 1928-1929. Pertemuan pertama Madrid dan Atletico pada La Liga terjadi dalam 24 Februari 1929 di Stadion Chamartin milik Real Madrid.

Ketika itu, Los Blancos berhasil membungkam Atletico Madrid menggunakan skor dua-1. Kekalahan itu semakin menyakitkan buat Atletico, karena ke 2 gol El Real disarangkan sang mantan pemainnya, Monchin Triana.

Bagi ke 2 klub, saling bertukar pemain bukanlah hal yang baru. Presiden legendaris Real Madrid, Santiago Bernabeu, yg namanya diabadikan sebagai stadion kebanggaan El Real, pernah berseragam Atletico Madrid pada 1920an.

Selain itu, Real Madrid juga pernah meminjam penyerang Atletico, Ramon Grosso, dalam isu terkini 1963-1964. Madrid membutuhkan energi Grosso buat terhindar dari ancaman degradasi. Legenda Timnas Meksiko, Hugo Sanchez, juga pernah membela sekaligus mencetak gol buat ke 2 klub pada Derbi Madrid dalam 1980-an.

Pertandingan El Real kontra Atletico dalam animo ini jua terasa spesial  , karena poly pemain yg memiliki ikatan dengan ke 2 klub. Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, mencatatkan debutnya pada La Liga beserta Atletico dalam 2011 lalu.

Atletico Madrid jua mendatangkan Marcos Llorente dari Madrid dalam bursa transfer isu terkini panas tahun ini. Bek Atletico, Mario Hermoso, pernah menimba ilmu di akademi sepak bola Real Madrid, begitu pula menggunakan gelandang jangkar Saul Niguez.

Sejauh ini, kedua klub telah bersua 164 pertandingan pada La Liga. Dari jumlah tadi, Real Madrid berhasil memetik 87 kemenangan, Atletico Madrid menang dalam 39 pertandingan, dan 38 laga residu berakhir imbang. Jumlah tersebut telah termasuk pertandingan paling terakhir yang berlangsung pada Santiago Bernabeu & Estadio Wanda Metropolitano.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, kekuatan kedua kubu semakin berimbang, baik pada Spanyol maupun Eropa. Atletico berhasil mengalahkan El Real dalam final Copa del Rey 2013.

Akan namun, Madrid bisa membalas menggunakan membungkam Atletico dalam final Liga Champions 2014 & 2016. Meski begitu, Los Rojiblancos sukses mengalahkan sang tetangga dalam duel Piala Super Eropa 2018.

Tak heran apabila akhirnya duel ke 2 klub selalu berjalan panas. Walaupun pertandingan El Clasico kontra Barcelona merupakan laga terbesar pada La Liga dalam skala internasional, lebih banyak didominasi suporter Real Madrid menganggap duel melawan Atletico Madrid adalah yang paling spesial  .

"Tim yg paling ingin kami kalahkan bagaimanapun caranya adalah tetangga kami," ujar legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano.

"Jika kami kalah, suporter kami wajib  mendapat ejekan pada tempat kerja, bar, dan di jalan," lanjut pria yg berhasil mempersembahkan 15 gelar kampiun buat Madrid tadi.

Belum ada Komentar untuk "Atletico Madrid Vs Real Madrid,Duel Antar Team Tetangga Satu Kota"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel