Jurgen Klopp Punya Kemiripan dengan Sir Alex Ferguson, Apa Itu?


BUKUSKORID.COM - Liverpool tampil sangat mengesankan selama beberapa musim terakhir pada bawah Jurgen Klopp. Bahkan, The Reds mampu finis pada peringkat 2 klasemen Premier League pada trend lalu.

Klub yang berkantor di Anfield itu kalah menggunakan selisih skor satu poin berdasarkan Manchester City yang berhasil juara menggunakan koleksi 98 poin. Namun, musim ini tidak sinkron.

Superioritas Liverpool tidak terbendung. Klub racikan Jurgen Klopp itu kukuh di puncak  klasemen sementara menggunakan raihan 58 poin.

Dari 20 pertandingan yang sudah dilalui pada kompetisi domestik, Liverpool belum pernah kalah. The Reds mendulang 19 kemenangan & satu output imbang.

Bukan hanya di kompetisi domestik, instruktur dari Jerman itu pula membawa Liverpool berjaya pada kompetisi Eropa.

Pada ekspresi dominan 2015-2016, Klopp berhasil mengantar Liverpool ke final Liga Europa, meski kalah menurut Sevilla dengan skor 0-1. Satu tahun setelahnya atau pada isu terkini 2017-2018, Klopp berhasil membawa Liverpool ke final Liga Champions meski kalah berdasarkan Real Madrid menggunakan skor 1-tiga.

Terakhir, Liverpool sukses sebagai kampiun Liga Champions isu terkini 2018-2019 setelah mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor dua-0.

Jurgen Klopp jua mengantar Liverpool sebagai satu-satunya klub Inggris yg memenangi Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub di tahun yang sama sekaligus.

Mengacu pada hal tersebut, Jurgen Klopp mulai dibanding-bandingkan menggunakan manajer terbaik yg pernah dimiliki Manchester United, Sir Alex Ferguson. Pria asal Skotlandia tersebut dianggap sebagai manajer terbaik di Inggris, bahkan galat satu yang paling mumpuni pada dunia.


Ferguson bisa menciptakan sebuah dinasti pada Manchester United, yg bergelimang gelar. Selama ditangani Ferguson, MU sebagai klub yang sangat disegani dan sulit dikalahkan, baik pada Inggris juga Eropa.


1. Dedikasi dan Kesungguhan

Jurgen Klopp baru empat tahun menangani Liverpool. Tetapi kecintaannya pada klub yang berkantor pada Anfield itu tak perlu diragukan lagi.

Klopp disebut sebagai salah  satu instruktur yang menaruh 100 persen hatinya buat Liverpool. Setidaknya itulah yang disampaikan mantan pemain The Reds, James Milner, beberapa saat lalu.

"Dia menaruh 100 % setiap hari & yang beliau lakukan fantastis bagi klub semenjak beliau berada di sini," tutur Milner.

Dedikasi pelatih berasal Jerman itu membuatnya kerap disamakan dengan mantan instruktur MU, Sir Alex Ferguson. Kecintaan Ferguson kepada MU tidak perlu diragukan lagi, instruktur yang sekarang sudah purna tugas itu 27 tahun menukangi Setan Merah dan mempersembahkan 38 trofi.

2. Percaya dengan Pemain Akademi

Baik Jurgen Klopp ataupun Sir Alex Ferguson sama-sama sanggup melihat potensi pemain belia. Keduanya bahkan memberi kesempatan pada pemain akademi klub masing-masing buat unjuk gigi.

Pengamatan keduanya pula relatif seksama. Jurgen Klopp sukses menandakan bahwa pemain pilihannya yakni Trent Alexander-Arnold sebagai pemain yang layak diperhitungkan waktu ini. Yang terbaru, agama Klopp terhadap pemain akademi berusia 18 tahun dibayar lunas dengan gol spektakuler ke gawang Everton di Piala Liga, Minggu (5/1/2020) waktu setempat.

Sementara di sisi Ferguson, kepercayaan  Ferguson dalam pemain akademi telah terbukti, salah  satunya para anggota Class of 92, misalnya Ryan Giggs, Paul Scholes, Gary Neville, Nicky Butt, sampai David Beckham.

Kedua pelatih tadi pula mempunyai kecermatan yg hampir mirip soal pemain. Di bawah Sir Alex Ferguson, sejumlah bintang sepak bola global lahir.

Salah satunya adalah Cristiano Ronaldo. Strategi ini seperti yg dilakukan oleh Jurgen Klopp. Pelatih asal Jerman itu baru saja meresmikan pemain asal Jepang, Takumi Minamino.

Menurut Klopp, Minamino bisa sebagai tumpuan menjanjikan di Liverpool. Klopp sanggup melihat potensi menurut pemain yg tidak mampu dipandang manajer lain.

Pendapat tentang kemiripan Klopp dan Ferguson dalam memercayai pemain akademi diungkapkan mantan striker pada Premier League yang kini   jadi pundit, Dion Dublin.

"Jurgen Klopp misalnya Sir Alex Ferguson baru. Maksud aku , beliau menjalankan klub berdasarkan atas sampai bawah. Dia memastikan para pemain akademi bermain sama misalnya tim primer. Saat mereka dimainkan, mereka tahu tugasnya. Mereka memahami tugasnya, tahu posisinya pada mana, & siapa yang didengarkan," istilah Dublin kepada BBC Radio lima Live.

3. Mulai Membangun Dinasti

Sama seperti Sir Alex Ferguson, Jurgen Klopp tak hanya menargetkan kemenangan pada Liverpool. Sejak tiba ke Anfield pada 2015, Klopp terlihat menciptakan dinasti, sama seperti yg dilakukan Ferguson pada Old Trafford.

Hasilnya mulai terlihat konkret, terutama berdasarkan sisi prestasi. Dia mengantar The Reds ke 3 kali final komopetisi Eropa dan memenangi satu di antaranya.

Dia pula membawa Liverpool sangat dominan dalam demam isu ini. Klopp kentara terlihat sedang membentuk sesuatu yg hebat pada Anfield. Pelatih berasal Jerman tersebut telah mencapai titik ketika tidak terdapat yang meragukan kapasitasnya membawa Liverpool pulang ke masa kejayaannya.

Saat ini, yang dibutuhkannya adalah trofi Premier League. Sudah 30 tahun The Reds tak menjuarai liga. Apabila berhasil memutus puasa gelar itu, Klopp tak diragukan punya kemampuan membangun dinastinya di Anfield.

Tak diragukan, The Reds punya potensi memenangi banyak gelar pada bawah Jurgen Klopp. Di bawah Ferguson, MU juga pernah mendominasi seperti waktu itu.

4. Bukan Sekadar Pelatih

Sir Alex Ferguson menyatakan misinya menggunakan kentara ketika tiba ke Manchester United pada 1986. Dia ingin mendapat agama memegang kendali penuh di tim. Ferguson bukan hanya bertugas sebagai instruktur yang menyusun taktik saat pertandingan.

Dia juga memegang kuasa penuh dalam urusan transfer pemain, sampai perekrutan pemain pada akademi dan pengembangannya. Bahkan, waktu Keluarga Glazers mengambil alih Manchester United, kekuasaan Ferguson sama sekali tidak terusik.

Jurgen Klopp jua menuntut kiprah serupa di Liverpool. Hasilnya telah terbukti selama empat tahun menangani Liverpool. Dia bisa membeli pemain benar-sahih seperti yang diperlukan, tanpa poly campur tangan dari pemilik klub. Klopp jua punya kiprah di akademi klub, sebagai akibatnya pasokan pemain ke tim primer berjalan indah.

Belum ada Komentar untuk "Jurgen Klopp Punya Kemiripan dengan Sir Alex Ferguson, Apa Itu?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel